Indonesiaku, Kaya Varietas Jeruk Tetapi Pengimpor Jeruk Terbesar

Ditulis dalam dream indonesia oleh pimpii pada Juni 21, 2009

Inilah Indonesiaku. Jika benar yang disampaikan oleh Kepala Divisi Proyek-proyek Tanaman Buah PT Mekarsari Bogor, Dr Muhammad Reza Kirtawinata, bahwa Indonesia memiliki ratusan varietas jeruk unggul namun Indonesia justru lebih besar impor jeruk ketimbang dengan yang diekspor. Sungguh ironis.

jeruk

Disebutkan sekitar 75 persen dari total jeruk yang dijual di pasaran dan tempat swalayan adalah buah jeruk impor dari China, Thailand dan Australia.

Tetapi cukup beralasan jika kecilnya ekspor buah jeruk selama ini karena kualitas buah yang dihasilkan petani belum memenuhi standar kualitas yang diminta negara tujuan. Jeruk-jeruk yang ditanam petani di daerah, belum dikembangkan secara komersial sehingga produksinya sangat kecil menyebabkan para eksportir ragu membeli dalam jumlah tertentu.

Reza mencontohkan, jeruk unggulan yang mempunyai kualitas ekspor saat ini adalah jeruk soke, yang hanya ada di Nusa Tenggara Timur (NTT), jeruk Selayar dari Sulsel, selain jeruk yang sudah lama terkenal seperti jeruk Pontianak, jeruk siam, Keprok, dan jeruk besar, yang cukup banyak di pulau Jawa.

Untuk menghasilkan buah jeruk dalam jumlah banyak dan berkualitas, petani harus mengikuti pola dan anjuran yang ada. Dan tentunya dukungan dari siapa lagi kalau bukan pemerintah, jika tidak ingin jeruk lokal kalah bersaing dengan jeruk impor.

pustaka: kompas.com

http://dreamindonesia.wordpress.com/2009/06/

0 komentar:

Posting Komentar

REPLIKA JERUK TERBESAR 2010

REPLIKA JERUK TERBESAR 2010
Sesuai dengan judul, Replika jeruk dengan ukuran yang semulanya direncanakan mencapai 5 meter, kemudian diperbaiki ulang karena masalah konstruksi, menjadi 4,1 meter, berada di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas.Tepatnya berada di halaman Polsek Tebas, dan dipertontonkan dalam suasana acara MTQ ke 24 se Kabupaten Sambas.
 
Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates